Rabu, 26 Januari 2011

Jepang hajar Korea Selatan di adu penalty dan masuk final


Jepang memastikan diri lolos ke babak final Piala Asia 2011. Lewat sebuah pertarungan ketat sepanjang 120 menit plus drama adu penalti, ‘Samurai Biru’ akhirnya menyingkirkan Korea Selatan.


Dalam pertandingan di Al-Gharafa Stadium, Doha, Selasa (25/1/2011), Korsel lebih dulu unggul di menit ke-21 lewat penalti Ki Sung-yueng. Namun Jepang mampu menyamakan kedudukan di menit ke-36 melalui sontekan Ryoichi Maeda.

Karena hingga waktu normal kedudukan tetap 1-1, laga pun dilanjutkan ke babak extra time. Di babak ini, Jepang sempat berbalik unggul berkat gol Hajime Hosogai. Tapi Korsel berhasil membalas melalui Hwang Jae-won di menit-menit akhir.

Skor 2-2 memaksa pemenang laga harus ditentukan lewat babak adu penalti. Korsel gagal total di babak ini karena ketiga penendangnya gagal menjalankan tugasnya. Jepang pun keluar sebagai pemenang dengan skor 3-0 di babak adu penalti.

Di partai final, pasukan Alberto Zaccheroni akan bertemu pemenang pertandingan Australia melawan Uzbekistan. Final digelar 29 Januari mendatang.


Jalan pertandingan

Korsel lebih dulu mengancam lewat tendangan bebas Ki Sung-yueng di menit ke-16. Namun kiper Jepang, Eiji Kawashima, masih sigap menepisnya.

Jepang balik mengancam semenit kemudian. Memanfaatkan umpan silang dari sayap kiri, tandukan Shinji Okazaki dengan susah payah diamankan oleh penjaga gawang Korsel, Jung Sung-ryong.

Di menit ke-21, Korsel memperolah hadiah penalti setelah Park Ji-sung dilanggar oleh Yasuyuki Konno di area terlarang. Sung-yueng yang maju sebagai algojo menuntaskan tugasnya dengan baik.

Jepang berusaha membalas di menit ke-29. Akselerasi Atsuto Uchida di sayap kanan diakhiri umpan silang yang ditanduk Keisuke Honda. Bola masih tepat mengarah ke Sung-ryong.

Nippon akhirnya berhasil menyamakan kedudukan enam menit kemudian. Lewat sebuah penetrasi di sayap kiri, Yuto Nagatomo memberi umpan matang yang berhasil diselesaikan oleh Ryoichi Maeda.

Korsel mengancam balik semenit kemudian. Memanfaatkan umpan panjang dari lini tengah, sundulan Ji Dong Won mengarah tepat ke pelukan Kawashima.

Babak pertama ditutup dengan peluang dari Honda. Tembakan kaki kiri pemain CSKA Moskow itu dengan susah payah ditepis Sung-ryong.

Di babak kedua, Korsel lebih mendominasi permainan. Sebuah peluang didapat Koo Ja Cheol di menit ke-60. Namun sepakan jarak dekatnya hanya mengenai samping gawang.

Peluang lain buat Negeri Ginseng datang di menit ke-71. Tendangan bebas Lee Yong Rae sedikit di luar kotak penalti masih melebar.

Jepang mendapatkan peluang lewat sepakan Yasuhito Endo yang masih bisa diamankan oleh Sung-ryong. Begitu pula tembakan Okazaki.

Hingga waktu normal berakhir, tak ada gol tercipta. Laga pun harus dilanjutkan ke babak extra time.

Di menit ke-97, Jepang gantian mendapatkan penalti. Penalti diberikan setelah Hwang Jae-won menjatuhkan Okazaki di kotak 16. Eksekusi penalti Honda memang berhasil ditepis oleh Sung-ryong, tapi bola rebound berhasil disambar oleh Hajime Hosogai. Jepang 2, Korsel 1.

Jepang berpeluang menambah keunggulannya di menit ke-109. Lewat sebuah serangan balik, sepakan kaki kanan Nagatomo dari luar kotak penalti masih melambung tipis di atas mistar.

Lima menit jelang berakhirnya extra time, sebuah tendangan bebas Sung-yueng masih tipis di atas mistar.

Perjuangan tak kenal menyarah Korsel akhirnya membuahkan hasil di menit-menit akhir babak perpanjangan waktu. Dari sebuah kemelut di kotak penalti Jepang, sepakan kaki kiri Jae-won menggetarkan gawang Kawashima.

Karena selama 120 menit laga berakhir imbang 2-2, adu penalti pun harus dilakukan.

Di babak adu penalti, Korsel mengalami antiklimaks. Ketiga eksekutor awal mereka gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara di kubu Jepang, hanya Nagatomo yang eksekusinya gagal. Akhirnya Jepang mengakhiri babak adu penalti ini dengan kemenangan 3-0 setelah eksekusi Konno menembus gawang Sung-ryong.

Susunan pemain:
Jepang: Kawashima, Uchida, Iwamasa, Konno, Nagatomo, Endo, Hasebe (Honda 117′), Okazaki, Honda, Kagawa (Hosogai 87′), Maeda (Inoha 105′)

Korsel: Jung Sung-ryong, Cha Du-ri, Hwang Jae-won, Cho Yong-hyung (Kim Shin Wook 98′), Lee Young-pyo, Ki Sung-yueng, Lee Yong Rae, Lee Chung-yong (Son Heung-min 82′), Park Ji-sung, Koo Ja Cheol, Ji Dong Won (Hong Jeong Ho 66′)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar